Charity For Palu Donggala

Gempa magnitudo 7,4 yang terjadi Jumat sore, 28 September di Palu dan Donggala masih menyisakan kesedihan yang mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bencana Gempa dan Tsunami di Palu – Donggala merupakan salah satu bencana yang memakan banyak kerugian. Hingga saat ini, kerusakan akibat musibah gempa bumi dan tsunami yang melanda kota Palu – Donggala masih terus dibenahi secara gotong-royong dan bantuan berupa sandang dan pangan terus disalurkan kepada seluruh korban gempa – tsunami di Palu – Donggala, Sulawesi Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa gempa terbesar yang mengguncang Donggala dan Palu berkekuatan 7,4 SR. Sementara pusat gempa dideteksi berada di kedalaman 11 Km dan pada arah 26 km utara Donggala.

Analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga memperkirakan gempa besar 7,7 SR (7,4 SR setelah diperbarui BMKG) dipicu oleh aktivitas sesar Palu-Koro.

“Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempabumi, maka kejadian gempabumi tersebut disebabkan oleh aktivitas sesar aktif pada zona sesar Palu-Koro yang berarah baratlaut-tenggara,” demikian pernyataan resmi PVMBG.

Sedangkan kawasan daratan sekitar pusat gempa 7,4 SR itu, seperti kabupaten Donggala, disusun oleh oleh batuan berumur pra Tersier, Tersier dan Kuarter. Batuan ini sebagian telah mengalami pelapukan.

Endapan Kuarter tersebut, menurut analisis PVMBG, pada umumnya bersifat urai, lepas, lunak, belum kompak (unconsolidated), bersifat memperkuat efek goncangan gempabumi. (tirto.id)

___

Perhimagi telah mengumpulkan donasi sebesar Rp.35.000.000-, (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah) melalui Koris dari setiap Institusi. Biaya tersebut telah diolah menjadi barang-barang kebutuhan para korban Palu – Donggala berupa sandang, pangan dan peralatan bayi.

Pemberian Donasi dibagi menjadi dua gelombang, Gelombang pertama didistribusikan langsung oleh Rifki D.T Sekretaris Jenderal Perhimagi dan koordinator staff humas Perhimagi. Gelombang kedua didistribusikan langsung oleh rekan-rekan HMTG Tadulako. Dalam sesi penyaluran donasi gelombang kedua, selain distribusi bantuan berupa barang, PERHIMAGI juga melakukan Trauma Healing kepada anak2 SD Korban Gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *