Diskusi Digdaya

Jakarta, Jumat (4/1) pukul 16.00 WIB.
 Mengawali tahun 2019 Ketua umum PP IAGI, Sukmandaru Prihatmoko bertemu dengan BPH Pusat PERHIMAGI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PERHIMAGI Halik Rifki dg taha, Koordinator Staf Ahli Akademik PERHIMAGI Jafar Muhammad Arief, Anggota Staf Ahli HUMAS PERHIMAGI Nabilah Anisya dengan beberapa perwakilan Himpunan Anggota PERHIMAGI. Pertemuan ini dilakukan untuk membangun sinergitas dan silaturahmi antara PERHIMAGI dengan IAGI sebagai Badan Pengawas dari PERHIMAGI. Pada pertemuan ini Sekjen PERHIMAGI menyampaikan beberapa hal terkait dengan Progres Program Kerja dan Acara yang sudah dijalankan PERHIMAGI.
Program Kerja pertama yang dibahas yaitu mengenai PIT PERHIMAGI 2019 Regional Sumatera yang dilaksanakan pada tanggal 20-26 April 2019 di Kota Palembang dan Lampung. Program Kerja ini dipresentasikan  langsung oleh Ketua Pelaksana PIT PERHIMAGI 2019 Fuad Abdurrouf kepada Bapak Sukmandaru. Pada presentasi tersebut dijelaskan bahwa Rangkaian acara PIT PERHIMAGI 2019 terdiri dari Seminar nasional dan National Poster Competition (Yang direncanakan akan dihadiri oleh Bapak Sukmandaru sebagai Ketua PP IAGI), Musyawarah Nasional Anggota Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia ke XV (MUNASA PERHIMAGI XV), City Tour Palembang,  Company Visit ke Perusahaan Batubara, Bukit Asam, dan ditutup dengan acara seremonial di ITERA Lampung.
Setelah Pembahasan mengenai PIT PERHIMAGI 2019 Selanjutnya yaitu pembahasan tentang progress Program Kerja PERHIMAGI yang lain. Program Kerja yang dibahas adalah Ekskursi Geologi Regional Sulawesi 2019 (EGRS 2019) yang dilaksanakan di Universitas Hasanuddin, Makassar dan PERHIMAGI Mengabdi yang dilaksanakan pada empat pulau besar di Indonesia.
Untuk EGRS 2019 sendiri IAGI melalui Pak Sukmandaru menyatakan dukungan untuk kesuksesan Acara yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-10 Januari 2019 di 3 Kota/Kabupaten (Makassar, Maros, dan Pangkep) tersebut.
 Sedangkan untuk PERHIMAGI Mengabdi dijelaskan bahwa Program Kerja tersebut merupakan Program Kerja Nasional Sosialisasi Mitigasi Bencana kepada Masyarakat dan Pemetaan wilayah rawan bencana yang dilaksanakan oleh seluruh Regional anggota PERHIMAGI (yang terbagi menjadi 5 Regional, yaitu Regional Sumatera, Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Timur, Sulawesi, dan Papua). Pada pembahasan Program Kerja tersebut PP IAGI menyatakan akan membantu pelaksanaan Program Kerja tersebut melalui Pengurus Daerah (PENGDA) IAGI yang terdapat di Regional tempat pelaksanaan Kegiatan.
Selain membahas Program Kerja PERHIMAGI, Sekjen PERHIMAGI juga menyampaikan keresahannya mengenai kurangnya Sosialisasi Mitigasi Bencana di daerah Indonesia Timur, khususnya Daerah yang berada di sekitar Laut Banda. Daerah Laut Banda pernah memiliki sejarah bencana yang menelan cukup banyak korban jiwa. Untuk itu, kedepannya PERHIMAGI berencana akan berkolaborasi dengan IAGI dan beberapa Universitas dengan Program studi Geologi di Provinsi Wilayah Indonesia Timur untuk dapat melakukan sosialisasi menyangkut mitigasi bencana kepada Masyarakat agar masyarakat menjadi tanggap dan waspada terhadap ancaman bencana geologi di daerah tersebut.
Terakhir menyangkut dengan era globalisasi, BPH PERHIMAGI 2018/2019 memiliki Visi untuk membangun relasi dengan Organisasi internasional Geologi di Regional Asia Tenggara. Rencana tersebut disambut baik oleh Bapak Sukmandaru. Beliau menyatakan dukungan dan akan membantu Visi PERHIMAGI tersebut melalui Organisasi Keahlian Geologi di Negara Regional Asia Tenggara. Diharapkan dengan terjalinnya hubungan internasional PERHIMAGI dengan organisasi Geologi tingkat kemahasiswaan di negara lain, PERHIMAGI  dapat memperluas relasi Internasional dan tanggap akan isu global yang sedang dibahas.
Setelah Pembahasan tersebut baik Ketua PP-IAGI Pak Sukmandaru Prihatmoko dan  Sekretaris Jenderal PERHIMAGI Halik Rifki dg taha mengharapkan tetap terjalinnya silaturahim dan sinergitas antara IAGI dan PERHIMAGI untuk memajukan Keilmuan Geologi baik di skala Nasional maupun skala Internasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *