Sejarah

Latar belakang

  • Pemerataan ilmu geologi ditiap universitas yang pada waktu itu dirasa belum cukup merta, sehingga butuh suatu wadah menjembatani hal itu.
  • Kepedulian mahasiswa geologi akan sumber daya kebumian indonesia yang bisa disebut “KAYA” akan tetapi pengelolaannya yang belum sejalan dengan pasal 33 UUD 45.
  • Keinginan mahasiswa geologi indonesia untuk turut berperan serta aktif dalam pembangunan nasional yang didasarkan pada keilmuan yang sedang ditempuhnya.
  • Kebutuhan mahasiswa  geologi indonesia akan suatu lembaga yang bersifat nasional untuk mewadainya.

Sejarah ORGANISASI Geologi Yang Terlupakan

Pada awal didirinya organisasi geologi didasarkan atas ketidak merataan dalam bidang akademis dan teknologi bidang ilmu Geologi. Meningkatkan produksi sumber daya alam Terutama minyak di era 90 membuat para maha siswa geologi mulai mengetahui akan peranan ilmu geologi.

Kedua contoh diatas merupakan awal lahirnya organisasi geologi.

Lahirnya Organisasi Geologi berawal pada sekitar era 80-an tengah, dengan didirinya “IMAGI”( Ikatan Mahasiswa Ahli Geologi Indonesia ).

Lebih lagi dirasakan oleh IMAGI kurang reperensetatif bagi mahasiswa geologi keseluruhan, maka pada tahun 1997 di UNHAS, Makasar di deklarasikan FORHIMAGI ( Forum Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia ) yang diharapkan dapat mewadai dan dapat mengarahkan orgasnisasi ini kearah yang lebih baik.

Seiring waktu terjadi pergolakan didalam tubuh FORHIMAGI, beberapa institusi anggota merasakan perlunya pembenahan didalam tubuh FORHIMAGI yang dirasa tidak mempunyai tujuan dan bentuk yang tidak jelas.

Puncaknya pada saat delagasi HMTG FT-UGM melakukan walk out pada FORHIMAGI V di USAKTI, Jakarta, pada tanggal 7 februari 2005 pada FORHIMAGI VIII di UNHAS, Makasar, didelegasikan berdiriny

Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia

Atau disingkat

PERHIMAGI

PERHIMAGI yaitu Organisasi sosial akademis yang beranggotakan himpunan-himpunan mahasiswa geologi diseluruh indonesia, yang bersifat mandiri, non profit dan non politas, dan bertujuan untuk memberikan konstribusi yang nyata dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu kebumian pada mahasiswa geologi khususnya dan masyarakat pada umumnya.